Pages

Minggu, 06 Februari 2011

Cataplexy, penyakit yang bisa bikin lumpuh hanya dengan Tertawa

Rank News :Siapa yang  nyangka bahwa didunia ini ada sebuah penyakit yg saat sipenderita tertawa ia akan merasa lumpu pada sekujur tubuhnya. Halini terjadi pada salah seorang mahasiswi arsitektur yang didiagnosis menderita Cataplexy.
" saat aku tertawa aku bisalemas dan erjatuh, hal ini bisa terjadi 40 kali dalam sehari, ujar Kay sambil menuturkan fisiknya. Kelumpuhan akan hilang saat emosi dari tubuh Kay sudah hilang. dan baru kondisi normalnya akan pulih kembali.
Kay pertama kali mendapat serangan lumpuh mendadak ini saat kuliah semester awal. “Saat itu aku sedang di dapur bersama seorang teman. Saat sedang tertawa lepas, aku tiba-tiba terjatuh ke lantai. Aku bisa mendengar dan melihat, tapi aku tak bisa bergerak,” ujarnya.
Tak hanya saat tertawa, Kay juga bisa lumpuh sesaat ketika merasakan emosi berlebih seperti menangis, terlalu gembira, terkejut, malu, dan ketakutan. Bahkan, Kay bisa terjatuh saat mendengar pria menyatakan cinta.
“Pasien saya yang lain malah lumpuh ketika orgasme,” kata Dr Andrew Hall, konsultan anestesi, perawatan intensif, dan gangguan tidur di Leicester General Hospital, rumah sakit tempat Kay menjalani sejumlah terapi medis.
Dr Andrew mengatakan, dunia medis belum berhasil mengungkap penyebab sakit ini. Sejumlah pakar medis menduga adanya faktor genetik. Namun, ada pula yang berpikir bahwa itu terjadi akibat gangguan autoimun atau kerusakan otak yang dipicu infeksi parah. Belum ada obat yang bisa menyembuhkannya.
Penyakit ini mungkin tidak mematikan, tapi cukup berbahaya ketika penderita terjatuh di lokasi yang tak aman. “Aku selalu berpikir, bahaya bisa menyerang kapan saja. Aku tak pernah tahu apa ada kaca di sekitarku,” ujarnya yang sempat frustasi dengan kondisinya.
hidup seperti ini sangatlah susah Kay juga menuturkan banyak bahaya yang bisa timbul dari penyakit ini bahkan saat berjalan di tangga saja dia harus berhati-hati dan penuh konsentrasi, kay juga menambahkan  seandainya saja situasi saat itu sedang mengendarai kendaraan atau yang lainnya tentu ini kan menimbulkan dampak yang sangat fatal pada dirinya.

Rank News

0 komentar:

Posting Komentar